Selasa, 21 Juli 2009

Parapat...sekali lagi...

Begini ini kalo jalan-jalan asal, ga direncanakan. Kacau, capek.
Karena hari Senin libur Isra' Mi'raj, iseng-iseng sabtu sore Papao ngajak ke Parapat. Kebetulan ada Papa, yang belum pernah ke Samosir. Jadi deh kita sore-sore berangkat dari Medan. Jalanan luar kota padat, maklum weekend. Sebel banget, apalagi Pak Mardi pelan banget nyetirnya.
Jam sebelas malam kami sampai di Hotel Niagara Parapat. Pengennya sih nginep di Samosir, tapi cuma hotel ini yang available, semua hotel full book..namanya juga long weekend.

Setelah barang-barang turun, pesan makan dulu, makan, baru jam 1 kami tidur.
pagi-pagi udah bangun buat foto-foto keliling lokasi hotel (nyobain kamera baru bo!), sarapan, trus berenang. Sayang kan kalo ga menikmati fasilitas hotel. Abis berenang, langsung packing, chek out menuju Samosir.
Penyeberangan Ajibata di Parapat ga jauh dari hotel, jam sebelas kami mulai ngantri. Lumayan juga antriannya, akhirnya jam 13.30 kami baru bisa menyeberang. Perjalanan Ajibata di Parapat ke Tomok di Samosir memakan waktu 45 menit. Sampai di Tomok kami ga sempat mampir di makam Raja Sidabutar, abis udah kelaparan. Nyari makan dululah.
Kami makan di Carolina Cottage di Tuk-Tuk. Lokasi Restorannya asik banget diatas pohon-pohon bakau (sayang ga ada fotonya, kelaparan sih). Kalo masih ada kamar, maunya sih nginep di Tuk Tuk, tapi mana bisa...kalo monginep di Carolina pas Weekend mesti booking 3 bulan sebelumnya (byuhh!!)
Setelah makan buru-buru, kami memutuskan pulang ke Medan lewat Tele.Pertimbangannya, daripada buang-buang waktu 2 jam buat ngantri di penyeberangan, lebih baik nambah pengalaman lewat jalan lain yang ga perlu nyeberang. Memang ada 2 jalan menuju Pulau Samosir, lewat Parapat dengan Ferry atau dari Pangururan, ibu kota Samosir lewat jembatan ke daratan Sumatera.
Jam lima sore kami berangkat dari Tuk Tuk. Perjalanan ke Pangururan sekitar satu jam, baru menyeberang lewat jembatan ke daratan Sumatera. Setelah jembatan, jalanan agak rusak dan rawan longsor. Selama setengah jam jalan terus menanjak. Jam 17.30 kami sampai di Puncak Tele. Tinggi banget, pemandangan Danau Toba kaya lihat dari pesawat.
Setelah foto-foto sebentar di Tele, langsung tancap gas ke Medan. Jalanan sebagian halus, sebagian lagi lubang-lubang.
Jam sepuluh malam kami baru sampai Berastagi, pengennya sih nginep dulu di Berastagi, tapi mana ada hotel yang available long weekend gini. ya udah lanjut deh ke Medan. Setelah dikebut Papa, jam 12 malam akhirnya nyampe juga di rumah. capek...teler...ngantuk...